PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 5 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010

NN, Indasah Nirviana (2010) PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 5 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital LIbrary.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT Indasah Nirviana.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
abstrak Indasah Nirviana.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
kesimpulan Indasah Nirviana.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pendahuluan Indasah Nirviana.pdf

Download (41Kb) | Preview

Abstrak

Abstract Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar IPS siswa dengan memperbaiki perencanaan pembelajaran melalui metode pemberian tugas, kemudian mendeskripsikan proses pembelajaran serta evaluasinya, dan mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar tersebut sehingga tercapai ketuntasan belajar secara individu dan klasikal. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I, siswa ditugaskan untuk mendata jenis pekerjaan yang ada di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Kemudian pada siklus berikutnya, siswa ditugaskan untuk membuat kliping tentang jenis pekerjaan di masyarakat. Pada siklus III, siswa diminta untuk menyusun sebuah karangan. Pengamatan terhadap aktivitas siswa dan proses pembelajaran menggunakan lembar pengamatan bermitra dengan observer. Kesimpulan pertama dari penelitian penggunaan metode pemberian tugas dalam pembelajaran IPS adalah dapat mengubah kebiasaan dalam proses pembelajaran yang semula terpusat pada guru menjadi pembelajaran yang terpusat pada siswa. Kedua, meningkatnya antusiasme siswa yang ditunjukkan dengan hasil pengamatan aktivitas pada siklus I sebesar 36%, naik sebesar 37% menjadi 58% pada siklus II, dan kembali naik sebesar 31% menjadi 83% pada siklus III. Ketiga, sistem evaluasi belajar siswa dengan metode pemberian tugas dapat meningkatkan pencapaian prestasi belajar pada aspek pengetahuan. Keempat, meningkatnya prestasi belajar siswa baik secara individu maupun kelompok yang ditunjukkan dengan naiknya jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum dari siklus I sebanyak 16 siswa (40%) menjadi 26 siswa (65%) di siklus II, kemudian menjadi 38 siswa (95%) di siklus III. Abstract This research aims to improve the academic achievement of Social Science by improving the studies learning plan through the methods of administration tasks, then describes the process of learning and its evaluation, and describe the increasing of academic achievement in order to reach mastery learning individually and classical. The research was conducted in three cycles, where each cycle consists of planning, action, observation and reflection. Task given in the first cycle was to collect data of types of jobs in the neighborhood of each student. On the next cycle, students were assigned to create a clipping about the types of jobs in the community. And on the third cycle, each student prepared an essay. Observation of student activities and learning process using observation sheets partnered with observer. The first conclusion the research is the method has the ability to change the habits in the learning process that originally focused on the teacher (teacher-centered), becomes student-centered learning. Second, increased student enthusiasm shown by the results of observing activities on the first cycle of 36%, and then an increase of 37% to 58% on the second cycle, and rose by 31% to 83% in the third cycle. Third, student evaluation system with the methods of administration tasks can improve the learning achievements in the aspect of knowledge. Fourth, increased student achievement, both individually or in groups as shown by increasing numbers of students who achieve the minimum criteria for completeness of the first cycle as many as 16 students (40%) to 26 students (65%) in the second cycle, then to 38 students (95% ) in the third cycle.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: tik 15 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:40
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19061

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir