PENGARUH PEMANFAATAN ZEOLIT ALAM PELLET TEKAN ASAL LAMPUNG SELATAN YANG DIAKTIVASI NaOH – FISIK TERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4-LANGKAH

0415021078, Nohan Uka Satwika (2012) PENGARUH PEMANFAATAN ZEOLIT ALAM PELLET TEKAN ASAL LAMPUNG SELATAN YANG DIAKTIVASI NaOH – FISIK TERHADAP PRESTASI MOTOR DIESEL 4-LANGKAH. digital library.

[img]
Preview
File PDF
01. COVER mamang.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
02. Abstrak.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
03. cover dalem.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
03. Lembar Pengesahan.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
04. lembar persetujuan (Autosaved).pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
05. Lembar Pengesahan.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
05. Motto.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
06. Riwayat Hidup.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
06. Sanwacana.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
07. Motto.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
07. persembahan.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
08. Daftar Tabel.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
08. Sanwacana.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
09. Daftar Gambar.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
09. DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Daftar Simbol.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Daftar Tabel.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. bab 1.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. bab 2.pdf

Download (376Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. bab III.pdf

Download (502Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
14. bab 4 coy.pdf

Download (588Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
15. bab 5 ok.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN PENULIS.pdf

Download (3769b) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada suatu proses pembakaran dalam motor diesel dibutuhkan dua komponen utama yaitu bahan bakar dan udara, dimana campuran udara dan bahan bakar akan menentukan baik atau tidaknya proses pembakaran tersebut. Udara merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan pada proses pembakaran. Udara mengandung banyak gas seperti nitrogen, oksigen, hidrogen, uap air, karbon dioksida, karbon monoksida, serta sedikit gas lain. Untuk lebih memaksimalkan proses pembakaran perlu adanya penyaringan udara pembakaran agar diperoleh udara dengan kandungan nitrogen, hidrogen, dan gas-gas lain yang mengganggu proses pembakaran lebih sedikit. Daya adsorb dari zeolit dapat dimanfaatkan untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar dan diharapkan dapat mengurangi kadar nitrogen yang masuk ke dalam ruang bakar sehingga konsentrasi panas yang ada pada ruang bakar dapat lebih maksimum untuk menguraikan oksigen dan bahan bakar, dengan demikian pembakaran dapat lebih maksimum dan meningkatkan kinerja mesin. Pada saat diaplikasikan pada kendaraan bermotor dengan kapasitas besar, zeolit yang masih berbentuk granular mengalami pengikisan akibat laju aliran udara tinggi yang melaluinya sehingga dan dapat mengotori saringan udara. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji penggunaaan zeolit berbentuk tablet (zeolit pellet) yang diaktivasi NaOH-Fisik sehingga dapat menjadikan zeolit lebih padat sehingga tidak terjadi pengikisan. Penelitian ini mengambil 3 variasi kerapatan zeolit pellet (kerapatan 2 gram, 2,3 gram, dan 2,5 gram), 3 variasi berat zeolit pellet (25 gram, 50 gram dan 1 00 gram) serta variasi penggunaan zeolit pellet tekan alami dan zeolit pellet tekan yang diaktivasi fisik. Awalnya zeolit alami serbuk dicampur dengan air aquades dan NaOH, lalu dicetak dan dikeringkan dengan alami kemudian diaktivasi fisik (dipanaskan pada temperatur 325oC selama 2 jam). Setelah itu, zeolit pellet dimanfaatkan untuk menyaring udara pembakaran guna meningkatkan prestasi motor diesel 4-langkah. Proses terakhirnya adalah uji kekerasan untuk mengetahui besar nilai kekerasan zeolit pellet tersebut. Nilai kekerasan terbaik diperoleh sebesar 5,6 HVN pada penggunaan zeolit pellet 2,3 gr yang diaktivasi NaOH-fisik, dibandingkan dengan nilai kekerasan pellet 2 gr dan pellet 2,5 gr adalah 4,775 dan 4,725 HVN. Peningkatan daya engkol terbaik diperoleh pada 2,3 gr dan putaran 2500 rpm, yakni 11,064 %. Penurunan konsumsi bahan bakar spesifik terbaik terjadi pada pellet 2,5 gr dan putaran 3000 rpm, yakni 11,194 %. Kata kunci: motor diesel, pembakaran, zeolit pellet tekan, aktivasi.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: UPT . Digilib4
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:57
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 04:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20395

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir