PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI POKOK PERUBAHAN GERAK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETHUAN ALAM DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING KELAS IV B DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 TALANG BANDAR LAMPUNG

1013069119, ROSMINA (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI POKOK PERUBAHAN GERAK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETHUAN ALAM DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING KELAS IV B DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 TALANG BANDAR LAMPUNG. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
1013069119-abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1013069119-kesimpulan.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1013069119-pendahuluan.pdf

Download (44Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan guru Kelas IV dan V SD Negeri 5 talang Bandar Lampung diketahui bahwa pencapaian penguasaaan materi pokok Perubahan gerak selama ini masih rendah. Bebeapa hal yang menyebabkan rendahnya penguasaan materi pokok perubahan gerak tersebut antara lain: siswa belum pernah mendapat pengalaman secara langsung atau contoh nyata dalam mempelajari perubahan gerak. Aktivitas yang dilakukan siswa selama proses pembelajaran tidak lebih dari mendenarkan, mencatat, mengerjakan LKS, atau tugas yang lain. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan penguasaan materi pokok perubahan geak dengan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini dilakukan selama tiga siklus di kelas IV B SD Negeri 5 Talang dengan jumlah siswa 44 siswa. Faktor yang diamati dalam penelitian ini adalah aktivitas dan penguasaan materi perubahan gerak, serta kegiatan guru dalam proses pembelajaran. Data kualitatif yangdiperoleh dianalisis secara deskriptif, sedankan data kuantitatif dianalisis dalam bentuk persentase. Hasil penelitian diperoleh ada peningkatan aktivitas belajar siswa dan peningkatan penguasaaan materi siswa, serta aktivitas gru dalam proses pembelajaran dari siklus 1 sampai siklus 3. peningkatan aktivitas siswa yang relevan dengan kegiatan pembelajaran dari sklus 1 ke siklus 2 dan dari siklus 2 ke siklus 3 . Rata-rata pada siklus 1 adalah 5,24 belum da peningkatan karna belum mencapai KKM, pada siklus 2 mencapai rata-rata 6,41 dan mengalami peningkatan 1,17 % , sedangkan pada siklus 3 mencapai rata-rata 7,03 dengan peningkatan 0,62. pada sklus 3 ini telahmencapai KKM.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 05:01
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 05:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20461

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir