0613024013, SITI ZUMALASARI (2012) KAJIAN KEMAMPUAN CALON GURU BIOLOGI FKIP UNILA DALAM MENGEMBANGKAN SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIOLOGI SMA DAN SMP. Digital Library.
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. MOTTO.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. SANWACANA.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10.DAFTAR ISI.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11.DAFTAR TABEL.pdf Download (3548b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3510b) | Preview |
|
|
File PDF
KOFER DEPAN.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (315Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (256Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Menyusun silabus dan RPP merupakan kompetensi yang harus dimiliki seorang guru atau calon guru. Pengembangan silabus dan RPP didasarkan pada standar nasional pendidikan dan undang-undang. Pengembangan kompetensi guru dilakukan sepanjang hayat dan berkelanjutan, paling tidak sejak menjadi mahasiswa/calon guru. Untuk itu perlu diadakannya kajian kemampuan calon guru biologi FKIP Unila dalam mengembangkan silabus dan RPP, yang kemudian dapat dijadikan refleksi serta bahan perbaikan untuk penyusunan silabus dan RPP selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kompetensi calon guru biologi FKIP Unila dalam mengembangkan Silabus dan RPP biologi berdasarkan Standar Nasional Pendidikan, (2) mendeskripsikan kesesuaian Silabus dan RPP biologi yang dikembangkan calon guru biologi FKIP Unila berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel penelitian ini yaitu semua calon Guru Biologi FKIP Unila yang telah mengikuti program Siti Zumalasari pengalaman lapangan (PPL) pada periode semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Desain penelitian ini adalah desain deskriptif sederhana. Data penelitian ini berupa data kuantitatif, yang diperoleh dari analisis angket yakni data dari jumlah skor jawaban yang dipilih oleh calon Guru Biologi FKIP Unila. Dan dari hasil penskoran terhadap Silabus dan RPP dalam bentuk laporan PPL hasil karya mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unila yang telah mengikuti PPL pada periode semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 di SMP dan SMA menggunakan panduan dokumentasi. Tehnik pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi calon guru biologi FKIP Unila dalam mengembangkan Silabus dan RPP biologi SMP berdasarkan SNP termasuk kedalam kategori belum sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yaitu sebesar 51, 98% untuk silabus dan 41,87% untuk RPP , (2) kompetensi calon guru biologi FKIP Unila dalam mengembangkan Silabus biologi SMA berdasarkan SNP berada dalam kategori sedang yaitu 56,12%, (3) kompetensi calon guru biologi FKIP Unila dalam mengembangkan RPP biologi SMA berdasarkan SNP berada dalam kategori belum sesuai Standar Nasional Pendidikan yaitu 44,31%. Dengan demikian rata-rata setiap aspek komponen Silabus dan RPP biologi yang dikembangkan calon guru biologi FKIP Unila, belum sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kata kunci : Calon Guru Biologi, silabus, RPP, Standar Nasional Pendidikan (SNP)
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 19:38 |
Terakhir diubah: | 29 Jan 2016 19:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20771 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |