PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA METODE TANYA JAWAB DENGAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

0813022026, Elvi Rarani (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA METODE TANYA JAWAB DENGAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1.COVER.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Abstrak.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Cover Dalam.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Menyetujui.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Mengesahkan.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Surat Pernyataan.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Riwayat Hidup.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Motto.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Persembahan.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. Sanwacana.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. Daftar Isi.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. Daftar Tabel.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
14. Daftar Gambar.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (259Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (180Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dan lebih baik menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode tanya jawab dan diskusi. Hasil belajar kognitif produk diukur dari nilai rata-rata hasil test formatif sedangkan hasil belajar kognitif proses diukur dari pencapaian indikator penilaian proses selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan rata-rata hasil belajar antara metode tanya jawab dengan metode diskusi pada pembelajaran inkuiri terbimbing dan (2) rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi antara metode tanya jawab dengan metode diskusi pada pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan di kelas dan SMP Negeri 2 Gedong Tataan yang berjumlah 60 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dengan materi gaya dan penerapannya . Elvi Rarani iii Berdasarkan penelitian ini, diperoleh data test hasil belajar yang kemudian dianalisis menggunakan metode Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS 17.0, hasil analisis menunjukkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Selanjutnya untuk menguji perbedaan rata-rata hasil belajar dilakukan dengan uji Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1 ) rata-rata hasil belajar pada pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode tanya jawab berbeda dengan pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan metode diskusi dan (2) pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode diskusi lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika, dibandingkan pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan metode diskusi. Hal ini didukung oleh perolehan skor rata-rata hasil belajar siswa pada kelas inkuiri terbimbing dengan metode diskusi sebesar 75,77 dan kelas inkuiri terbimbing dengan metode tanya jawab sebesar 62,80. Kata kunci : inkuiri terbimbing, tanya jawab, diskusi, dan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 May 2016 06:54
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20821

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir