STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEMPERTIMBANGKAN TUGAS MANDIRI DAN TUGAS KELOMPOK (Siswa Kelas X IPS SMA Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016)

DHAYANG SUMBI , 1213031018 (2016) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEMPERTIMBANGKAN TUGAS MANDIRI DAN TUGAS KELOMPOK (Siswa Kelas X IPS SMA Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2990Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2255Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini terdapat dua sample yang dipilih dengan metode cluster random sampling dengan diberikan perlakuan berbeda. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pengajaran dengan menggunakan model dan memberikan perlakuan dngan menggunakan tugas mandiri dan kelompok. Setelah hasil belajar diperoleh, data di analisi untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji T-test Independent dan uji Analisis Varian Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan ; (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing, dengan menggunakan rumus analisis Varian Dua Jalan dan ttest, maka hipotesis pertama Fhitung 9,913 dan Ftabel 3,985 berdasarkan kriteria pengujia dapat ditarik kesimpulan, karena Fhitung > Ftabel maka dengan demikian Ho ditolak ; (2) ada perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi antara siswa yang menggunakan tugas mandiri dan siswa yang menggunakan tugas kelompok, dengan menggunakan ANAVA yang memperoleh Fhitung sebesar 5,882 dan Ftabel sebesar 3,985. Berdasarkan kriteria pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak ; (3) ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan tugas pada mata pelajaran ekonomi, dengan menggunakan ANAVA yang memperoleh Fhitung sebesar 111,340 dan Ftabel 3,985 dengan demikian maka Fhitung > Ftabel atau 111,340 > 3,985 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian Ho ditolah dan Ha diterima ; (4) Hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih rendah dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT jika hasil belajarnya diukur menggunakan tugas kelompok, menggunakan rumus t-test dua sample independen diperoleh thitung sebesar 9,171 dan ttabel sebesar 2,0315 dengan demikian thitung > ttabel atau 9,171 > 2,0315 maka Ho ditolak dan menerima Ha ; (5) Hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT jika hasil belajarnya diukur menggunakan tugas mandiri, menggunakan rumus t-test dua sample independent yang memperoleh thitung sebesar 5,567 dan ttabel 2,0315 dengan demikian thitung > ttabel atau 5,567 > 2,0315 maka Ho ditolak dan menerima Ha ; (6) Hasil belajar ekonomi yang menggunakan tugas mandiri lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan tugas kelompok pada pembelajaran kooperatif Snowball Throwing, menggunakan rumus t-test dua sample independent diperoleh thitung 6,685 dan ttabel sebesar 2,0315 dengan demikian thitung > ttabel atau 6,685 > 2,0315 maka Ho ditolak dan menerima Ha ; (7) Hasi belajar ekonomi yang menggunakan tugas mandiri lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan tugas kelompok pada pembelajaran kooperatif NHT, menggunakan rumus t-test dua sample independent diperoleh thitung sebesar 8,171 dan ttabel sebesar 2,0315 dengan demikian thitung > ttabel 8,171 > 2,0315 maka dapat diartikan Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : Hasil belajar, Model pembelajaran NHT, Model Pembelajaran Snowball Throwing, Tugas Mandiri, Tugas Kelompok.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 3320103 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:02
Terakhir diubah: 12 Apr 2016 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21679

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir