PENOKOHAN DALAM NOVEL PAK GURU KARYA AWANG SURYA DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA UNTUK SMA

BAGUS SETIAWAN, 1113041011 (2016) PENOKOHAN DALAM NOVEL PAK GURU KARYA AWANG SURYA DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA UNTUK SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1811Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1435Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian yang dilakukan penulis membahas penokohan dalam novel Pak Guru karya Awang Surya dan rancangan pembelajarannya di SMA. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penokohan yang di dalamnya terdapat jenis-jenis tokoh, watak tokoh, serta teknik pelukisan tokoh dan mendeskripsikan rancangan pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Pak Guru karya Awang Surya yang diterbikan pada tahun 2014. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa, kata, kalimat, atau kutipan teks yang berkaitan dengan penokohan dalam novel Pak Guru karya Awang Surya dan rancangan pembelajarannya di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Pak Guru memiliki tujuh jenis tokoh yang telah ditemukan yaitu tokoh utama, tokoh tambahan, tokoh protagonis, tokoh antagonis, tokoh sederhana, tokoh bulat, dan tokoh tipikal. Beberapa tokoh ada yang memerankan lebih dari satu jenis tokoh. Tokoh-tokoh tersebut digambarkan dengan teknik pelukisan tokoh secara dramatik yang telah ditemukan yaitu menggunakan teknik cakapan, teknik tingkah laku, teknik pikiran dan perasaan, teknik reaksi tokoh, teknik reaksi tokoh lain, dan teknik arus kesadaran. Tokoh dalam novel Pak Guru, satu tokoh dapat dilukiskan watak-wataknya dari beberapa teknik dramatik. Novel Pak Guru dapat dibuat rancangan pembelajarannya sebagai alternatif bahan pembelajaran di SMA, khususnya kelas XII semester dua, dengan kompetensi dasar menganalisis teks novel baik lisan maupun tulisan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 97456106 . Digilib
Date Deposited: 27 Apr 2016 08:43
Terakhir diubah: 27 Apr 2016 08:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21975

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir