PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

VIVIANI NURMALA , 1213023078 (2016) PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (852Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (713Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian dengan One Group Pretest-Posttest Design ini bertujuan mendeskripsi-kan keefektivan dan kepraktisan SiMaYang tipe II dalam meningkatkan ke-mampuan metakognisi dan keterampilan berpikir kritis pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X6 dan X8 SMA 8 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Keefektivan diukur melalui peningkatan kemampuan meta¬kognisi, keterampilan berpikir kritis, dan aktivitas siswa selama proses pem¬belajaran serta kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Kepraktisan diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan respon siswa. Kemampuan meta¬kognisi ditunjukkan dengan skor responden pada angket dan keterampilan ber¬pikir kritis diukur melalui nilai n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran SiMaYang tipe II efektif dalam meningkatkan kemampuan meta¬kognisi dan keterampilan berpikir kritis siswa dengan kriteria tinggi. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan metakognisi meningkat dari kriteria tinggi ke sangat tinggi, keterampilan berpikir kritis siswa memiliki kriteria sedang, aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran memiliki kriteria sangat tinggi, dan ke¬mampuan guru dalam mengelola pembelajaran memiliki kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan model pembelajaran SiMaYang tipe II me¬miliki kepraktisan dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan ke¬terampilan berpikir kritis siswa dengan kriteria sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan keterlaksanaan model pembelajaran SiMaYang Tipe II yang memiliki kriteria sangat tinggi dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran yang memiliki kriteria sangat tinggi. Kata kunci : berpikir kritis, keefektivan, kemampuan metakognisi, kepraktisan, SiMaYang tipe II.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 87175595 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:40
Terakhir diubah: 14 Jun 2016 04:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22451

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir