PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

GRACE SELIA SINTIA ULVA , (1213023028) (2016) PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (723Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (848Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design telah dilakukan di SMA Negeri 8 Bandar Lampung yang bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan dan kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II untuk meningkatkan self-efficacy dan keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X7 dan X9 yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Keefektivan diukur berdasarkan self-efficacy, keterampilan proses sains, aktivitas siswa, dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Peningkatan self-efficacy ditunjukkan berdasarkan rata-rata skor responden pada angket, sedangkan keterampilan proses sains ditunjukkan berdasarkan rata-rata nilai n-Gain. Kepraktisan diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan Model pembelajaran SiMaYang Tipe II memiliki keefektivan yang tinggi dalam meningkatkan self-efficacy dan keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Hal ini Grace Selia Sintia Ulva dibuktikan dengan self-efficacy siswa mengalami peningkatan dengan kriteria “sangat tinggi”, keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan kriteria “sedang”, aktivitas siswa yang relevan selama pembelajaran berlangsung memiliki kriteria “sangat tinggi”, dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memiliki kriteria “sangat tinggi”. Model pembelajaran SiMaYang Tipe II juga memiliki kepraktisan yang sangat tinggi dalam meningkatkan self-efficacy dan keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Hal ini dibuktikan dengan keterlaksanaan model pembelajaran SiMaYang Tipe II dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran memiliki kriteria “sangat tinggi”. Kata kunci: keefektivan, kepraktisan, keterampilan proses sains, self-efficacy, SiMaYang Tipe II

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 53946037 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:41
Terakhir diubah: 14 Jun 2016 04:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22456

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir