RATIH SUKMAWATI , 1213022058 (2016) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1462Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1307Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan modul pembelajaran dengan strategi inkuiri terbimbing dengan buku konvensional yang digunakan di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2016 sampai dengan 27 Februari 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan Independent Sample T Test. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA3 di SMA Negeri 1 Bandar Sribawono. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai rerata pretest pada kelas eksperimen adalah 50,5, sedangkan nilai rerata pretest pada kelas kontrol adalah 4718. Setelah dilakukan proses pembelajaran yang menggunakan modul dengan strategi inkuiri terbimbing pada kelas eksperimen diperoleh rerata posttest 80,19, sedangkan proses pembelajaran yang menggunakan buku konvensional pada kelas kontrol diperoleh rerata posttest 75,2. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dilihat dari hasil uji Independent Sample T-Test dengan nilai Sig. 0,049, maka dapat dinyatakan bahwa H_(1 )diterima. Artinya, kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki hasil belajar yang berbeda signifikan, sehingga disimpulkan bahwa modul pembelajaran dengan strategi inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Bandar Sribhawono tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: modul, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 56012863 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 04:41 |
Terakhir diubah: | 16 Jun 2016 04:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22545 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |