WAHYU AMALIA ADINDA , (1213022076) (2016) PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (3943Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (4Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Salah satu media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran dengan baik adalah e-learning. Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan e-learning pada materi Usaha dan Energi dengan memanfaatkan LMS Schoology. Tujuan pengembangan untuk menghasilkan e-learning yang menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif digunakan. Pengembangan ini diawali dengan menganalisis kebutuhan di SMA Negeri 1 Natar Kabupaten Lampung Selatan, yaitu bahwa selama ini SMA Negeri 1 Natar belum menggunakan e-learning dalam proses pembelajaran dan hanya menggunakan metode tanpa kegiatan untuk memahami konsep secara jelas. Hasil analisis kebutuhan menghasilkan format elearning yang dikembangkan. Tahap selanjutnya adalah uji validasi oleh ahli desain dan ahli isi atau materi dan dilakukan perbaikan berdasarkan kritik dan saran yang diperoleh. Produk yang telah diperbaiki kemudian diuji coba satu lawan satu kepada tiga orang siswa. Revisi kembali dilakukan berdasarkan kritik dan saran oleh pengguna. Selanjutnya dilakukan uji coba pemakaian produk di lapangan dengan 32 orang siswa dengan metode blended learning, sehingga tidak Wahyu Amalia Adinda meninggalkan pembelajaran tatap muka, namun ditambah dengan pembelajaran non tatap muka yaitu guru menugaskan untuk mengakses e-learning dengan schoology di rumah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh skor kemenarikan 3,04 (menarik), skor kemudahan 3,09 (mudah), dan skor kemanfaatan 3,05 (bermanfaat). Produk efektif digunakan karena berdasarkan hasil uji Normalitas Gain didapatkan rata-rata 0,66 dan telah mencapai rata-rata skor 0,3 < g 0,7 yang termasuk dalam klasifikasi Gain Ternormalisasi sedang. Revisi produk dilakukan berdasarkan kritik dan saran selama uji coba pemakaian. Jadi dapat disimpulkan bahwa dihasilkan e-learning dengan schoology sebagai supelemen pembelajaran fisika pada materi Usaha dan Energi yang telah teruji dan layak digunakan dengan kualitas menarik, mudah digunakan, bermanfaat, dan efektif sebagai suplemen pembelajaran. Kata kunci : blended learning, e-learning, pengembangan, schoology, Usaha dan Energi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 96941142 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 07:13 |
Terakhir diubah: | 21 Jun 2016 07:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22678 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |