IDEOLOGI PATRIARKI DALAM NOVEL NEW CATATAN HATI SEORANG ISTRI KARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

ADE IIS JULIAWATI UTAMA , (1213041001) (2016) IDEOLOGI PATRIARKI DALAM NOVEL NEW CATATAN HATI SEORANG ISTRI KARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1762Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1046Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ideologi Patriarki dalam novel New Catatan Hati Seorang Istri karya Asma Nadia dapat dijadikan sebagai pengetahuan bagi pembaca. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan ideologi patriarki terhadap tokoh perempuan dalam novel yang meliputi tiga indikator yaitu wujud kekerasan, diskriminasi, dan subordinasi, dan menyusun bahan ajar untuk pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel New Catatan Hati Seorang Istri karya Asma Nadia. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah ditemukan ideologi patriarki terhadap tokoh perempuan dalam novel New Catatan Hati Seorang Istri karya Asma Nadia. Ideologi patriarki ditunjukkan dari tindakan-tindakan tokoh berupa kekerasan, diskriminasi dan subordinasi oleh laki-laki terhadap perempuan. Perempuan selalu menjadi sasaran tindakan penindasan dari kaum laki-laki sebab kodrat dan kondisi perempuan. Bukan hanya dalam lingkungan keluarga saja. Beberapa tokoh perempuan bersikap pasrah karena menyadari kodratnya yang memang harus selalu patuh terhadap perintah suami. Penggambaran ideologi patriarki terhadap tokoh digambarkan dengan cara analitik dan dramatik. Novel New Catatan Hati Seorang Istri karya Asma Nadia dapat disusun menjadi LKPD sebagai alternatif bahan pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya kelas XII semester genap, dengan KD 3.3 menganalisis teks novel baik melalui lisan maupun tulisan. Kata kunci: bahan ajar, ideologi patriarki, novel.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 20738502 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:36
Terakhir diubah: 24 Jun 2016 02:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22856

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir