PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA NURUL IMAN KECAMATAN WAY TENONG TAHUN AJARAN 2015/2016

DHEA FEBRIANA , 1213054019 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA NURUL IMAN KECAMATAN WAY TENONG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (844Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (778Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah the non equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Responden dalam penelitian ini berjumlah 50 yang terdiri dari 26 anak di kelas kontrol dan 24 anak di kelas eksperimen. Waktu dalam penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 6 sampai dengan 13 April 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa rubrik penilaian. Teknik analisis data menggunakan uji mann whitney. Hasil uji mann whitney menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun. Saran dalam penelitian ini ditujukan pada guru, kepala sekolah, dan peneliti lain. Kata kunci : anak usia 5-6 tahun, geometri, pembelajaran kooperatif. ABSTRACT The research aimed to determine the influence of using cooperative learning model toward ability recognize geometric shape of children aged 5-6 years. The method was used a type of quasi eksperiment. The design was used the non equivalent control group design. This research using control class and experiment class. The respondent of this research consisted of 50 children which consisted of 26 children in the control group and 24 children in the experimental group. The research was conducted from April 6th until 13th 2016. Technique of data collection was using observation technique. Instrument used in this research was the observation sheet the form of an assessment rubric. The data analysis technique using mann whitney test. The result of mann whitney test showed that there was an influence of using cooperative leraning model toward ability recognize geometric shape of children aged 5-6 years. Suggestions in this research was aimed at teachers principals, and other researchers. Keyword: children aged 5-6 years, cooperatuve learning, geometric.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 4993983 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2016 08:37
Terakhir diubah: 26 Jul 2016 08:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23145

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir