EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP

Hermansyah, EMALIYA SAFITHRI (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (2085Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (2730Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (1602Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf - Published Version

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf - Published Version

Download (281Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf - Published Version

Download (355Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (465Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (6Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kotaagung, dengan kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2 sebagai sampel. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5E diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan rerata n-Gain keterampil-an mengkomunikasikan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,81 dan 0,71; serta rerata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,68 dan 0,45. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep. Kata kunci: keterampilan mengkomunikasikan, model pembelajaran Learning Cycle 5E, dan penguasaan konsep.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 08 Jan 2014 06:46
Terakhir diubah: 08 Jan 2014 06:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir