EKA APRILIAWATI, (1213054024) (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROYEK TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 PRINGSEWU. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (16Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1124Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (994Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode proyek terhadap perkembangan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Pringsewu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 anak yang berada dikelas B2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dengan ketentuan jika nilai signifikasi > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil nilai rata-rata dari data pretest dan posttest menunjukkan gain sebesar 16,36. Hasil uji Wilcoxon dari data pretest dan posttest menunjukkan nilai sig 0,000 < dari nilai alpha 0,05. Maka, terdapat perbedaan antara kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak saat pretest dengan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak saat posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode proyek berpengaruh pada perkembangan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak. Kata kunci: anak usia dini, bentuk geometri, metode proyek abstract This study aims to determine the effect of the use project method on the development of abilities to recognizing geometric shapes for children in TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Pringsewu. This study is a quantitative research using the one group pretest-posttest design. The sample in this study are 22 children who were in class B2. Data collection technique used observation method. Data analysis used Wilcoxon Test with the provision if significant value > 0.05 then Ho was received and Ha rejected. Mean results from the data pretest and posttest showed gain are 16,36. Wilcoxon test results from the data pretest and posttest showed sig 0.000 < of the alpha value 0.05. Then, there are differences between the ability to recognize geometric shapes for children in pretest with the ability to recognize geometric shapes for children in posttest. Thus, it can be concluded that the use of project method affect the development of abilities to recognizing geometric shapes for children. Keywords: early childhood, geometric shapes, project method
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD |
Pengguna Deposit: | 5537054 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:57 |
Terakhir diubah: | 10 Oct 2016 04:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23975 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |