PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DENGAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

IKA NUR WULANDARI, 1213023029 (2016) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DENGAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1117Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (919Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan model pembelajaran SiMaYang tipe II dan problem solving dalam meningkatkan kemampuan meta¬kog¬¬-nisi dan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Purbolinggo yang terdiri dari 4 kelas tahun pelajaran 2015/ 2016. Teknik pemilih¬an sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X MIA 1 dan X MIA 4. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperi-men dengan non equivalent control group design. Perbandingan kedua model pem¬¬belajaan ini diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain kemampuan metakog¬nisi dan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran pada kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain kemam¬pu¬an metakognisi dan penguasaan konsep pada kelas yang meng¬gunakan model pembelajaran SiMaYang Tipe II (eksperimen I) berkategori “tinggi”, sementara pada kelas yang mengguna¬kan model pem¬belajar¬an problem solving (eksperimen II) berkategori “sedang”. Selain itu, aktivitas siswa dan res¬pon siswa pada kelas yang menggunakan model pem¬belajar¬an SiMaYang Tipe II (eksperimen I) ber-kategori “sangat tinggi”, sedangkan pada kelas eksperimen II yang meng¬guna¬kan model pem¬belajaran problem solving berkategori “tinggi”. Berdasarkan hasil pe-nelitian yang diperoleh, dapat disimpul¬kan bahwa model pem¬belajaran SiMaYang Tipe II dalam meningkat¬kan kemampu¬an metakognisi dan penguasaan konsep larut¬an elektrolit dan non-elektrolit lebih baik dibanding¬kan dengan pembelajaran menggunakan model problem solving Kata kunci: metakognisi, penguasaan konsep, problem solving, SiMaYang Tipe II

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 6338371 . Digilib
Date Deposited: 17 Oct 2016 07:24
Terakhir diubah: 17 Oct 2016 07:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24056

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir