EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI DAN MENYIMPULKAN

EKA NOVITA SUWISNO, 1113023018 (2016) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI DAN MENYIMPULKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1821Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1627Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan memprediksi dan menyimpulkan peserta didik pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA1 sampai dengan XI MIPA4 SMA Negeri 1 Bandar Lampung semester genap Tahun 2015-2016 yang berjumlah 132 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA1 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Control Group Design. Kelas eksperimen diberi perlakuan meng¬gunakan model Discovery Learning sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Efektivitas model discovery learning ditunjukkan oleh adanya perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan memprediksi peserta didik untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,32 dan 0,46 dan rata-rata n-Gain keterampilan memprediksi peserta didik untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,40 dan 0,59. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji-t), disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan menyimpulkan peserta didik pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan memprediksi dan menyimpulkan, larutan penyangga, Discovery Learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 1022167 . Digilib
Date Deposited: 17 Oct 2016 06:58
Terakhir diubah: 17 Oct 2016 06:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24057

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir