PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DANPENGUASAAN MATERI SISWA (Kuasi Eksperimen PadaSiswa Kelas VII SMP Negeri Natar Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013)

Eddi Sutikno, RAPENDA ESANTINO (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DANPENGUASAAN MATERI SISWA (Kuasi Eksperimen PadaSiswa Kelas VII SMP Negeri Natar Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (804Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (856Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (410Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (305Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (435Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasilobservasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMP N 1 Natar, diketahui bahwa aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Hal tersebut terlihat dari guru dan siswa dalam proses pembelajaran antara lain pembelajaran yang biasanya digunakan adalah metode diskusi, yaitu guru memberikan penjelasan, kemudian tanya jawab, dan ditutup dengan pemberian tugas atau latihan, sehingga keterlibatan siswa kurang optimal dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu,perlu adanya kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok non ekuivalen.c Sampel penelitian adalah siswa kelompok VII C dan VII D yang dipilih secaracluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata serta uji Mann-Whitney U yang dianalisis dengan bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan penguasaan materi oleh siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompokkontrol (eksperimen = 28,84%; kontrol = 0,8%). Rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Pada kelas eksperimen = 80,39%, sedangkan kelas kontrol = 58,52% . Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipeNHT berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci :Numbered Head Together(NHT), aktivitasbelajar siswa, penguasaanmateri siswa. Rapenda Esantino

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 24 Jul 2014 02:56
Terakhir diubah: 24 Jul 2014 02:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir