Astri Wahyuningtiasih, 1013053040 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PERMAINAN BAHASA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I B SD NEGERI 1 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Lampung, FKIP.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (216Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (230Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (215Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (192Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (436Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran di kelas I B SD Negeri 1 Metro Pusat belum berlangsung seperti yang diharapkan. Terbukti bahwa dari 35 orang siswa, terdapat 14 siswa atau (40%) sudah mencapai KKM dan sebanyak 21 orang siswa atau (60%) belum mencapai KKM. KKM yang ditetapkan yaitu ≥66. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas I B SD Negeri 01 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui permainan bahasa dengan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing dari setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan tes, dengan menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes yang dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan bahasa dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I B SD Negeri 1 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari nilai aktivitas siklus I yaitu 54,71 kategori “cukup aktif”, di siklus II meningkat sebesar 15,57 menjadi 70,28 kategori “aktif”, dan siklus III meningkat sebesar 11,14 menjadi 81,42 kategori “sangat aktif”. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I yaitu 59,85 kategori “cukup baik”, meningkat sebesar 4,29 menjadi 64,14 di siklus II kategori “cukup baik”, kemudian meningkat sebesar 7,14 menjadi 71,28 di siklus III kategori “baik”. Presentase ketuntasan hasil belajar siklus I yaitu 57,14% kategori “cukup baik”, kemudian meningkat sebesar 11,43% menjadi 68,57% di siklus II kategori “baik”, selanjutnya meningkat sebesar 14,28% menjadi 82,85 di siklus III kategori “sangat baik”. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar siswa, media gambar, permainan bahasa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 325465 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Aug 2014 05:08 |
Terakhir diubah: | 15 Aug 2014 05:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2515 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |