PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DAN PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 SEPUTIH MATARAM

DIAN FEBRIATINA ,S , 1423031014 (2016) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DAN PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 SEPUTIH MATARAM. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (43Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1878Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1879Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X di SMA Negeri 1 Seputih Mataram. Tujuan penelitian ini adalah yaitu (1) mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CPS dan model pembelajaran PBL pada mata pelajaran Sosiologi, (2) untuk mengetahui efektifitas kemampuan berfikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CPS dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan PBL pada siswa yang memiliki minat belajar rendah, (3) untuk mengetahui efektifitas kemampuan berfikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CPSdibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan PBLpada siswa yang memiliki minat belajar tinggi, dan (4) mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa pada kemampuan berfikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan test. Untuk uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas tes. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalan dan uji t. Untuk hipotesis 1 dan 4 menggunakan analisis varian dua jalan serta untuk hipotesis 2 dan 3 menggunkan uji t. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan berfikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CPS dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PBL, (2) kemampuan berfikir kritis pada siswa yang menggunakan model pembelajaran CPS lebih rendah dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBL bagi siswa yang tergolong minat belajar rendah, (3) kemampuan berfikir kritis pada siswa yang menggunakan model pembelajaran CPS lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBL bagi siswa yang tergolong minat belajar tinggi, dan (4) ada interaksi antar model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran sosiologi Kata kunci: CPS, kemampuan berpikir kritis, minat belajar, PBL ABSTRACT This research was a case where the low ability problem think critically and student learning interest in class X in SMA Negeri 1 Seputih Mataram. The purpose of this research is which are (1) know a difference in the capacity reflect critical students who use the model learning pbl and learning model cps on the subjects of sociology, (2) to know the effectiveness of the ability reflect critical students who use the model learning pbl compared with of students who are taught use cps to their students who has an interest learn low, (3) to know the effectiveness of the ability reflect critical students who use the model learning pbl compared with of students who are taught use cps to their students who has an interest learn high, and (4) know interaction between learning model with interest student learning on the ability of reflect critical. The methodology used is the apparent experiment. With look at the level explanation, this research is comparative research. Engineering data collection is done through the survey and test. To test the instrument use of tests and reliability. Analysis techniques data using analysis variant two roads and the t. To hypothesis 1 and 4 using analysis variant two street and to hypothesis 2 and 3 both test t. The result showed that (1) difference think critically students who had use the model learning CPS with students who are taught use the model learning PBL, (2) ability to reflect critical of students who use learning model CPS lower than learning use the model learning PBL for students who are learning low interest, (3) ability to reflect critical of students who use learning model CPS higher than learning use the model learning PBL for students who are learning high interest, and (4) is interactions among learning model with interest to study for students on subjects sociology. Key words : CPS, the ability to think critically, interest to study, PBL

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > HM Sociology
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 6973350 . Digilib
Date Deposited: 30 Jan 2017 08:24
Terakhir diubah: 30 Jan 2017 08:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25335

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir