PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 6 Metro T.P 2015/2016)

SULUNG ARIFFIANA , 0643024051 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 6 Metro T.P 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1078Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (840Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap aktivitas dan hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup Kelas VII SMP N 6 Metro. Desain penelitian ini adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII4 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII5 sebagai kelas eksperimen, yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari pretes,dan postes. Analsis data menggunakan uji-t dan uji-u pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar aspek kognitif siswa dengan model pembelajaran snowball throwing ( N- Gain 62,05), sedangkan metode ceramah (N- Gain 50,61). Berarti hasil belajar aspek kognitif siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan model Snowball Throwing lebih tinggi dari pada kelas yg pembelajarannya dengan metode ceramah. Sedangkan aktivitas siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan pada setiap pertemuan, namun peningkatan di kelas kontrol lebih rendah di bandingkan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen rata-rata aktivitas siswa 80,53%, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata aktivitas siswa 71,35%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan model Snowball Throwing cukup efektif di terapkan pada materi Ciri-ciri Makhluk Hidup. Kata kunci : Pembelajaran Snowball Throwing, Aktifitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Aspek Kognitif, dan Ciri-ciri makhluk hidup.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 0147425 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2017 06:18
Terakhir diubah: 23 Feb 2017 06:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25694

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir