PENGARUH MODEL MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS SISWA KELAS VIII PADA SMP NEGERI 1 KATIBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Feri Elsandi, 1113033020 (2017) PENGARUH MODEL MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS SISWA KELAS VIII PADA SMP NEGERI 1 KATIBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (434Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3349Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3880Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kesulitan siswa untuk menghapalkan atau mengingat sederet peristiwa dan fakta yang harus dihafal pada pelajaran IPS terutama pada materi sejarah, hal ini membuat siswa menjadi sulit untuk mendapatkan nilai yang optimal. Upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut salah satunya menggunakan Mnemonik, Mnemonik merupakan kepandaian menghapal dengan cara mengasosiasikan kata-kata, gagasan atau ide dengan gambaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh positif model Mnemonik terhadap hasil belajar kognitif IPS pada kemampuan pengetahuan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Katibung Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Mnemonik terhadap hasil belajar kognitif IPS pada kemampuan pengetahuan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Katibung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji hipotesis, normalitas dan uji analisis menggunakanuji t-tes. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus t-test dapat ditarik kesimpulan yang telah dilakukan dapat di lihat hasil hipotesis bahwa thitung = 7,259 > ttabel = 2,65, sehingga H0 ditolak. Jadi hasil analisis data secara kuantitatif model Mnemonik berpengaruh terhadap hasil kognitif siswa pada jenjang pengetahuan IPS siswakelas VIII SMP Negeri 1 Katibung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 0147535 . Digilib
Date Deposited: 02 Mar 2017 04:27
Terakhir diubah: 02 Mar 2017 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25925

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir