PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

NUR INTAN RENGGANIS RAHMAWATI , 1213034055 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1641Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1642Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Geografi di SMAN 13 Bandar Lampung Tahun 2016. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung berjumlah 70 siswa yang dipilih secara random. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik observasi, dan teknik tes. Analisis data dilakukan dengan uji perbedaan ( t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajan kooperatif tipe Team Assistead Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assistead Individualization (TAI) yang mengalami kenaikan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Team Assisted Individualization, hasil belajar. ABSTRACT This research was conducted to determine the effect of the application of the model cooperative learning type team assisted individualization (TAI) to the student learning outcomes class X with subjects geography SMA N 13 Bandar Lampung 2016.Research subject was student’s grade X SMA N 13 Bandar Lampung which 70 students were selected randomly. This study was a quasi experimental research. The data collection was done by using the documentation, observation, and testing techniques. Data analysis was done by testing the difference (t-test). The results showed that there was the influence of the use of models of cooperative learning Team Assistead Individualization (TAI) to the learning outcomes of students in studying Geography for class X SMAN 13 Bandar Lampung. It could be seen from the results of student learning in the classroom experiments using cooperative learning model Assistead Team Individualization (TAI) which rose higher than the student learning outcomes in control class by using conventional teaching methods. Keywords: Team Assisted Individualization (TAI), learning outcomes.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 1405268 . Digilib
Date Deposited: 15 Mar 2017 04:07
Terakhir diubah: 15 Mar 2017 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26068

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir