JUMINGAN , 1313093061 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH SISWA KELAS IV C SD NEGERI 4 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2420Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2421Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV C SD Negeri 4 Metro Utara.Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV C SD Negeri 4 Metro Utara melalui metode pembelajaran Index Card March. Metode penelitian tindakan kelas ini berlangsung sebanyak 2 siklus. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Index Card March. Pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa Kelas IV C SD Negeri 4 metro Utara . Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siklus I 80,60% (sangat aktif) Sikluus II 96,10% (sangat aktif) peningkatan 15,50%, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dari jumlah siswa 26 yang memenuhi target KKM ≥61 katagori tinggi kreteria tuntas berjumlah 21 siswa persentase 80,77% dan yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa persentase 19,23%. Pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas berjumlah 23 siswa persentase 88,46% dan yang tidak tuntas 3 siswa persentase 11,54%. Dengan demikian pada siklus II hasil belajar meningkat sebesar 7,69%. Pada pembelajaran siklus II, sudah memenuhi target ketuntasan yaitu ≥70%. Kata Kunci : Aktivias Belajar dan Hasil Belajar, Index Card March.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 9213353 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Apr 2017 04:11 |
Terakhir diubah: | 12 Apr 2017 04:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26198 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |