TINDAK ILOKUSI GURU DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NING’S COURSE BANDAR LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBICARA DI PERGURUAN TINGGI

TRI KURYANTI, 1423041031 (2017) TINDAK ILOKUSI GURU DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NING’S COURSE BANDAR LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBICARA DI PERGURUAN TINGGI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (903Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (664Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan tindak ilokusi guru di Lembaga Bimbingan Belajar Ning’s Course Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak ilokusi guru di Lembaga Bimbingan Belajar Ning’s Course Bandar Lampung dan implikasinya terhadap Mata Kuliah Keterampilan Berbicara di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam rangka mencapai tujuan penelitian, yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini meneliti tindak ilokusi guru di Lembaga Bimbingan Belajar Ning’s Course Bandar Lampung dan implikasinya terhadap Mata Kuliah Keterampilan Berbicara di perguruan tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik rekam (audio-visual), dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak ilokusi yang mendominasi pada tuturan guru di Lembaga Bimbingan Belajar Ning’s Course Bandar Lampung adalah tindak ilokusi direktif yang terdiri atas tuturan memesan, memerintah, meminta, dan menasihati. Sementara itu, tindak ilokusi yang paling sedikit digunakan, yaitu tindak ilokusi komisif. Hasil penelitian berimplikasi pada pembelajaran mata kuliah keterampilan berbicara di perguruan tinggi dengan kompetensi dasar dan indikator yang terdapat dalam GBPP poin ke sebelas dari empat belas kompetensi dasar yang ada, yaitu tentang pragmatik. Kata Kunci : tindak tutur,ilokusi, keterampilan berbicara abstract The problems of this research related to the teachers’ illocutionary acts at Ning’s Course Bandar Lampung. This research aims to describe the teachers’ illocutionary acts at Ning’s Course Bandar Lampung and its implication towards speaking subject in university. The method used in this research was qualitative descriptive method. This study focussed on the teachers’ illocutionary acts at Ning’s Course Bandar Lampung and its implication towards speaking subject in university. Data collecting technique used in this research were observation, record (audio-visual), and field notes. The data were analyzed by using heuristic analysis. The results showed directives became the most dominant types of illocutionary act used by the teachers at Nings’ Course Bandar Lampung that consisted of asking, ordering, requesting, and advising. While, the least dominant types of illocutionary act were commissives. The results provided implication toward speaking subject learning in university , namely on the eleventh of fourteenth poin of GBPP basic competence and indicator, that was pragmatic. Keywords: speech acts, illocutionary, speaking skill

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 8093321 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2017 07:07
Terakhir diubah: 21 Apr 2017 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26341

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir