PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TANJUNG JAYA

EKA SEPTIANA, 1313053045 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TANJUNG JAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHAN.pdf

Download (879Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1843Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang dapat diketahui dari persentase ketuntasan hasil UTS siswa yakni pada kelas IV A sebesar 20% dan pada kelas IV B sebesar 13,33%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan nilai posttest pada kelas eksperimen adalah 60%, sedangkan ketuntasan nilai posstest pada kelas kontrol adalah 33,30%. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung sebesar 2,95 sedangkan ttabel sebesar 2,000, perbandingan tersebut menunjukan (2,95 > 2,000) berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Jaya. Berdasarkan hasil pehitungan uji hipotesis menunjukan nilai sig (2-tailed) 0,004, (0,004 < 0,05) sehingga Ha diterima. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci: numbered head together, hasil belajar, IPS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 50144085 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Terakhir diubah: 12 Jun 2017 04:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26830

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir