MUSTAVIDA SARI , 1313041054 (2017) PRINSIP KERJA SAMA PADA INI TALKSHOW DI NET TV DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1194Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (867Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah penaatan dan pelanggaran prinsip kerja sama pada Ini Talkshow di NET TV yang tertuang dalam empat maksim, yaitu kuantitas, kualitas, relasi dan cara serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Adapun tujuannya adalah untuk mendeskripsikan penaatan dan pelanggaran prinsip kerja serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah percakapan dalam acara Ini Talkshow di NET TV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) teknik simak bebas libat cakap, dan (2) teknik catat. Data yang telah didapat kemudian diklasifikasikan berdasarkan penaatan dan pelanggaran prinsip kerja sama. Penentuan penaatan dan pelanggaran dilakukan dengan merujuk pada indikator yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran prinsip kerja sama lebih banyak ditemukan daripada penaatan prinsip kerja sama. Penaatan prinsip kerja sama dalam acara Ini Talkshow biasanya dilakukan saat berada dalam konteks yang serius, seperti saat pembawa acara memberikan pertanyaan kepada bintang tamu, menjelaskan sesuatu, atau bintang tamu menjawab pertanyaan dari pembawa acara. Pelanggaran prinsip kerja sama dalam acara Ini Talkshow ada yang disengaja dan tidak disengaja. Pelanggaran yang disengaja adalah kesengajaan penutur (bintang tamu atau pembawa acara) melanggar prinsip kerja sama untuk memunculkan implikatur. Berbeda dengan pelanggaran yang disengaja, pelanggaran yang tidak disengaja merupakan ketidaktahuan penutur bahwa telah melanggar prinsip kerja sama. Hasil penelitan ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas IX pada materi diskusi. Kata kunci: prinsip kerja sama, penaatan, pelanggaran.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 16628588 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Jun 2017 04:01 |
Terakhir diubah: | 16 Jun 2017 04:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26950 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |