PENGARUH PERILAKU BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG

RINI APRIANI L, 1313053138 (2017) PENGARUH PERILAKU BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1663Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1287Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa dan guru belum menerapkan model kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji t. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Sedangkan hasil analisis uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model kooperatif tipe NHT dengan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan metode ceramah pada kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Kata kunci: hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan perilaku ABSTRACT Problems in this study is still low learning outcomes IPS students and teachers have not applied NHT type cooperative model in learning in class V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. The method used in this research is the quasi experiment method with the design of the Nonequivalent Control Group Design study. The sampling technique uses a saturated sample. Data collection techniques are tests, observations and documentation. Data were analyzed using simple linear regression test and t test. The result of simple linear regression analysis obtained the conclusion that there is influence of learning result of IPS student using NHT type cooperative learning model in class V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. While the results of t test analysis concluded that there are differences in learning outcomes IPS students using NHT type cooperative model with the results of IPS learning students using the lecture method in class V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Keyword: IPS learning outcomes, NHT type cooperative learning model, and attitude of student

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 22978691 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2017 06:07
Terakhir diubah: 16 Jun 2017 06:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26955

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir