EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA

ARIFIANI, 1313023008 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1248Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1248Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pende¬katan saintifik dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Bandarlampung semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Kelas penelitian yang diperoleh yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang di¬gunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu The Matching Only Pretest-Posttest Control Group. Efek-tivitas pendekatan saintifik dalam pe¬nelitian ini ditentukan berdasarkan perbedaan n-gain rata-rata yang signifikan anta¬ra kelas kontrol dengan kelas eksperimen, persentase rata-rata skor aktivitas dan kinerja siswa kelas eksperimen. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa n-gain rata-rata kelas kontrol sebesar 0,36 dan kelas eksperimen sebesar 0,64. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa n-gain rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Persentase rata-rata skor aktivitas siswa kelas ekspe¬rimen selama mengikuti pembelajaran sebesar 80% dan terma¬suk dalam kate¬gori baik. Persentase rata-rata skor kinerja siswa kelas eksperimen selama melakukan praktikum sebesar 81% dan termasuk dalam kategori baik. Hal terse¬but menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan pema¬haman konseptual siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Kata kunci : efektivitas, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, pema¬haman konseptual, pendekatan saintifik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 49088540 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2017 07:28
Terakhir diubah: 16 Jun 2017 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26965

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir