EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI DAN INFERENSI

ISTIQOMAH, 1313023042 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI DAN INFERENSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (983Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (885Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran meng-gunakan LKS berbasis problem solving pada materi asam-basa untuk mening-katkan keterampilan memprediksi dan inferensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung semester genap Tahun 2016-2017 dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 sebagai sampel. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent Pretest- Posttest Control Group Design. Efektivitas ini diukur berdasarkan perbedaan n-gain yang sig-niifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan didukung oleh data keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa terhadap pelaksanaan pem-belajaran dengan LKS berbasis problem solving, aktifitas siswa dan kemampu¬an guru. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata n-gain keterampilan mempre¬dik-si untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,60 dan 0,71 dan keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,60 dan 0,71. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa secara statistik keterampil-an siswa dalam memprediksi dan inferensi menunjukkan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas yang menggunakan pembelajaran LKS kon¬ven-sional dengan kelas yang menggunakan LKS berbasis problem solving. Data pendukung berupa keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa terhadap pelak¬sana-an pembe-lajaran dengan LKS berbasis problem solving, aktifitas siswa dan kemampuan guru memiliki penilaian berkategori sangat tinggi. Hal ini menun¬juk-kan bahwa pembelajaran materi asam-basa menggunakan LKS berbasis problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan infernsi siswa. Kata kunci: asam-basa, keterampilan memprediksi dan inferensi siswa, LKS berbasis problem solving.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 65257172 . Digilib
Date Deposited: 17 Jul 2017 06:40
Terakhir diubah: 17 Jul 2017 06:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27256

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir