ISTIQOMAH, 1313023042 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI DAN INFERENSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (983Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (885Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran meng-gunakan LKS berbasis problem solving pada materi asam-basa untuk mening-katkan keterampilan memprediksi dan inferensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung semester genap Tahun 2016-2017 dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 sebagai sampel. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent Pretest- Posttest Control Group Design. Efektivitas ini diukur berdasarkan perbedaan n-gain yang sig-niifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan didukung oleh data keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa terhadap pelaksanaan pem-belajaran dengan LKS berbasis problem solving, aktifitas siswa dan kemampu¬an guru. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata n-gain keterampilan mempre¬dik-si untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,60 dan 0,71 dan keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,60 dan 0,71. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa secara statistik keterampil-an siswa dalam memprediksi dan inferensi menunjukkan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas yang menggunakan pembelajaran LKS kon¬ven-sional dengan kelas yang menggunakan LKS berbasis problem solving. Data pendukung berupa keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa terhadap pelak¬sana-an pembe-lajaran dengan LKS berbasis problem solving, aktifitas siswa dan kemampuan guru memiliki penilaian berkategori sangat tinggi. Hal ini menun¬juk-kan bahwa pembelajaran materi asam-basa menggunakan LKS berbasis problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan infernsi siswa. Kata kunci: asam-basa, keterampilan memprediksi dan inferensi siswa, LKS berbasis problem solving.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 65257172 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Jul 2017 06:40 |
Terakhir diubah: | 17 Jul 2017 06:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27256 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |