PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI

NURUL ETIYA FATMALA, 1343022007 (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf

Download (675Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (596Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Berdasarkan hasil wawancara guru serta observasi di SMA Negeri 1 Blambangan Umpu, belum diterapkannya pembelajaran kontekstual dikarenakan masih banyaknya guru yang menerapkan metode ceramah, disamping itu representasi yang dipakai hanyalah representasi matematis serta siswa hanya menggunakan satu bahan ajar yaitu buku teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan serta keefektifan modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi pada materi hukum newton tentang gravitasi. Prosedur pengembangan modul ini meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi, dan produksi. Validasi produk yang dilakukan oleh dosen pendidikan fisika dimana ada dua uji yaitu uji ahli desain dan uji materi atau isi. Sedangkan uji satu lawan satu dilakukan oleh tiga orang siswa dan uji lapangan dilakukan oleh 30 siswa kelas X1 IPA1 SMA Negeri 1 Blambangan Umpu. Berdasarkan hasil dari uji ahli desain maupun uji ahli materi diperoleh beberapa saran perbaikan dari penguji, modul yang dikembangkan dinyatakkan layak digunakan sebagai bahan ajar. Kemudian berdasarkan hasil angket kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan produk yang dikembangkan dinilai menarik dengan skor 3,47 dengan kategori sangat baik, kualitas kemudahan dengan kategori sangat baik mendapat skor 3,42, kemanfaatan dengan kategori baik mendapat skor 3,10 dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dengan hasil nilai N-gain, yaitu 0,53 dengan klasifikasi sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi yang telah teruji dan layak digunakan dengan kualitas: menarik, mudah digunakan, bermanfaat, dan dinyatakan efektif digunakan sebagai bahan ajar. Kata kunci: Hukum Newton Tentang Gravitasi, Modul Pembelajaran, Pe,Belajaran Kontekstual, Multireresentasi, Pengembangan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 50029828 . Digilib
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:45
Terakhir diubah: 24 Jul 2017 04:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27382

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir