SITI NURLAILI, 1423041029 (2017) PERILAKU TOKOH DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (822Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (612Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku tokoh, nilai-nilai pendidikan karakter dan pengembangan sebagai bahan ajar sastra di SMA dengan sumber data novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam mendeskripsikan perilaku kejiwaan tokoh dan nilai-nilai pendidikan karakter menggunakan pendekatan psikologi Sigmund Freud. Pengembangan sebagai bahan ajar dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan research and development Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perilaku kejiwaan pada tokoh berupa struktur kepribadian, dinamika kepribadian, mekanisme pertahanan, dan perilaku agresif. Di samping itu, terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yaitu nilai religius, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ngin tahu, semangat kebangsaan dan nasionalisme, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar sastra berupa Lembar Kegiatan Siswa ( Kata Kunci: perilaku tokoh, nilai pendidikan karakter, novel, bahan ajar ABSTRACT The purpose of this study is to describe the behavior of characters, the values of character education and development as a literary material in high school with a source of novel data Pasung Jiwa Karya Okky Madasari. The method used in this research is descriptive qualitative method. In describing the psychological behavior of character and character education values using the psychological approach of Sigmund Freud. Development as a teaching material in this study using Borg and Gall's research and development ( The results showed that there are psychiatric behaviors in personality structure, personality dynamics, defense mechanism, and aggressive behavior. Despitefully, there are valuesof character education that are religious values, tolerance, discipline, hard work, independent, democratic, sense of knowing, spirit of nationalism and nationalism, respect for achievement, communicative, peace loving, reading, social care and responsibility. This research produces product of literary teaching materials in the form of Student Activity Sheet ( Keywords: character behavior, character education value, novel, teaching materials
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | 58214339 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:04 |
Terakhir diubah: | 27 Jul 2017 04:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27494 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |