Elya Atriani, 1013079199 (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 8 KARANG ANYAR KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (172Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (250Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri 8 Kaarang anyar kecamatan Jati agung kabupaten Lampung selatan diketahui bahwa hasil belajar siswa Kelas V masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pendekatan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 8 Karang Anyar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dikenal dengan Classroom Action Research. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus dan setiap siklus melalui tahap berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diambil meliputi data kuntitatif berupa tes hasil belajar dan data kualitatif berupa hasil lembar observasi. Berdasrkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pendekatan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata pada siklus I hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus 1 nilai rata-rata yang dicapai siswa sebesar 48.18 dan siklus 2 nilai rata-rata siswa mencapai 75.56 sehingga nilai rata-rata siswa meningkat, aktivitas belajar siswa dapat dilihat bahwa kektifan siswa saat pembelajaran pada siklus 1 sebesar 59,84% dan siklus 2 sebesar 78.03% sehingga meningkat sebesar 18.19%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 8 Karang Anyar Kecamatan Jati agung Kabupaten Lampung Selatan. Kata kunci: aktivitas dan hasil belajar IPA, pendekatan pembelajaran inkuiri.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 271935 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Aug 2014 01:55 |
Terakhir diubah: | 19 Aug 2014 01:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2757 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |