PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI 1 SIDOKERTO KECAMATAN BUMIRATU NUBAN

LADY ASTRIA PRAYOGI, 1313053082 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI 1 SIDOKERTO KECAMATAN BUMIRATU NUBAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V B pada pembelajaran IPS di SD Negeri 1 Sidokerto Kecamatan Bumiratu Nuban dengan nilai rata-rata kelas 65.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I sebesar 52,38, menunjukkan aktivitas “Cukup Aktif”. Aktivitas siswa pada siklus II sebesar 80,95, menunjukkan aktivitas “Sangat Aktif”. Aktivitas siswa dan persentase siswa aktif siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 28,57. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,45dengankatagori “Cukup Tuntas”. Pada siklus II sebesar 76,59dengan katagori “Tuntas”.Hasil belajar siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,14. Kesimpulannya terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, IPS, group investigation.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 88079333 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2017 06:59
Terakhir diubah: 31 Jul 2017 06:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27635

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir