PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA ASAM BASA ARRHENIUS

M Iqbal Z, 1313023047 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA ASAM BASA ARRHENIUS. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (961Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (882Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektivan, kepraktisan dan ukuran pengaruh pembelajaran model problem solving untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi asam basa Arrhenius. Penelitian ini menggunakan poor experimental design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 12 Bandar Lampung kelas XI IPA 1 dan XIIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Keefektivan diukur melalui aktivitas siswa selama proses pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, penguasaan konsep siswa. Kepraktisan diukur berdasarkan keterlaksanaan model problem solving dan respon siswa. Ukuran pengaruh penguasaan konsep siswa dengan pembelajaran problem solving dihitung setelah melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t perbedaaan pretes-postes dan uji ukuran pengaruh Hasil penilitian menujukkan penilaian observer terhadap keterlaksanaan model problem solving dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkategori “tinggi”, respon siswa dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung berkategori “sangat tinggi”. Kemampuan penguasaan konsep siswa di kelas eksperimen 1 dan 2 meningkat berdasarkan rata-rata skor n-Gain yang diperoleh berkategori “sedang” yaitu 0,53 dan 0,50. Model problem solving berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa, dibuktikan dengan hasil uji effect size yang berkriteria “besar” pada kedua kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model problem solving praktis, efektif, dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi asam basa Arrhenius. Kata kunci: model problem solving, penguasaan konsep, asam basa Arrhenius

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 66709739 . Digilib
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:44
Terakhir diubah: 25 Aug 2017 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28151

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir