SITI NUR SETIATUN , 1313023075 (2017) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI REAKSI REDOKS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (965Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (845Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian yang dilakukan di SMAN 10 Bandarlampung ini bertujuan untuk men-deskripsikan pengaruh strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa ke-las X pada materi reaksi redoks. Penelitian ini menggunakan metode kuasi ekspe-rimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas X MIA. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 7 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran SiMaYang dan X MIA 8 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang. Pengaruh strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-gain dan uji effect size terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan dua rata-rata n-gain keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan kriteria n-gain pada kelas eksperimen tinggi dan kelas kontrol sedang. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 96% peningkatan keterampilan proses sains dan 96% peningkatan penguasaan konsep siswa dipengaruhi oleh strategi scaffolding. Strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa dengan pengaruh besar. Kata kunci: keterampilan proses sains, model pembelajaran SiMaYang, penguasaan konsep, strategi scaffolding.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 85437371 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 09:09 |
Terakhir diubah: | 25 Aug 2017 09:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28171 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |