PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI REPRESENTASI VISUAL STATIS DAN DINAMIS MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

DINI WIDYASTUTI, 1313022021 (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI REPRESENTASI VISUAL STATIS DAN DINAMIS MATERI IMPULS DAN MOMENTUM. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2407Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2342Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI REPRESENTASI VISUAL STATIS DAN DINAMIS MATERI IMPULS DAN MOMENTUM Oleh DINI WIDYASTUTI Penggunaan representasi visual dalam pembelajaran fisika memiliki pengaruh yang positif terhadap pemahaman konsep siswa, juga berpengaruh terhadap hasil belajar, karena ketika siswa mampu merepresentasikan konsep fisika dalam bentuk visual dinamis berupa gambar bergerak, atau visual statis berupa gambar diam secara sempurna, maka siswa akan mampu menyelesaikan soal dengan sempurna. Hal ini yang menyebabkan antara kemampuan representasi visual dan hasil belajar memiliki hubungan yang kuat. Memperhatikan penggunaan representasi visual sangat berpengaruh terhadap hasil belajar, maka peneliti melakukan penelitian perbandingan hasil belajar siswa menggunakan representasi visual dinamis dan visual statis pada materi impuls dan momentum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa menggunakan representasi visual dinamis dan visual statis, dan mendeskripsikan respon siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Teladan Way Jepara, sedangkan Subjek yang digunakan yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas ekperimen 1 menggunakan representasi visual dinamis, dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen i 2 menggunakan representasi visual statis. Hasil penelitian pada kelas visual dinamis diperoleh rata-rata posttest 75,91 dan N-gain 0,70 dengan kategori tinggi, lebih besar dari hasil belajar kelas visual statis dengan rata-rata posttest 68,38 dan N-gain 0,63 dengan kategori sedang. Presentase data respon positif siswa pada data visual dinamis adalah 96%, sedangkan respon siswa pada visual statis sebesar 84%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Visual Statis ,Visual Dinamis ii

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 63668324 . Digilib
Date Deposited: 26 Aug 2017 03:23
Terakhir diubah: 26 Aug 2017 03:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28174

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir