PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE REKREASI-INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN DI KELAS VIII SMPN SATU ATAP 2 PADANGRATU LAMPUNG TENGAH TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

SAADAH, 1423041047 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE REKREASI-INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN DI KELAS VIII SMPN SATU ATAP 2 PADANGRATU LAMPUNG TENGAH TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3720Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2950Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 2 Padangratu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganilisis dan mendeskripsikan (1) proses dan aktivitas pembelajaran menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar dengan model Kolaboratif Tipe Rekreasi-Investigasi (KTRI) dan (2) peningkatan kemampuan menulis laporan di kelas VIII SMPN Satu atap 2 Padangratu. Metode penelitian ini menggunakan PenelitianTindakan. Desain penelitian yang digunakan adalah penemuan, dengan siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes dan nontes yang meliputi pengamatan (observasi), wawancara (interview), serta dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 2 Padangratu Lampung Tengah, dan analisis datanya adalah menggunakan gabungan dari kuantitatif dan kualitatif kemudian disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menjadi lebih baik, dalam setiap siklus guru menyusun perencanaan pembelajaran, melakukan proses, dan mengevaluasi kemampuan menulis yang menggunakan model Kolaboratif Tipe Rekreasi-Investigasi (KTRI) pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN Satu Atap 2 Padangratu. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dan mencapai target nilai minimal 75. Hasil tes prasiklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 55,71 dan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 62,14. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 6,93%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,00. Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,86%. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata sebesar 8,86. Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 9,86%. Kata Kunci: Kemampuan menulis, laporan, Kolaboratif Tipe Rekreasi-Investigasi (KTRI) ABSTRACT The obstacle in this research is the shortage of writing report ability within a magnificent and systematic language for the students of second grade at SMPN Satu Atap 2 Padangratu. The purposes of this research are to analyze and describe (1) learning process and activity in writing magnificent and systematic report text within Recreation-Investigation type of collaborative learning model, and (2) increasing student’s writing report ability at the second grade of SMPN Satu Atap 2 Padangratu. This research used action research (AR). The research’s design used was invention using three cycles learning. The data collection’s technique used in this research were Test and Non-Test which involves, observation, interview, and documentation. The subject of this research was the students of second grade at SMPN SatuAtap 2 Padangratu, Middle Lampung, and data analysis used the mix of quantitative and qualitative technique which has explained in form of descriptive explanation. The result of this research was increased through cycles. In each cycle, the teacher arrange learning plan, making process, and evaluate the ability in writing using Recreation-Investigation type of collaborative model in learning Indonesian language for the students of the second grade at SMPN Satu Atap 2 Padangratu. The result of this research was increased, and reached the target minimum score 75. The result of score in pre-cycle was average 55, 71, and in cycle 1 the score got was 62, 14. It means that there was an increase about 6, 93%. In the cycle 2 the score average got was 72, 00. It means that there was an increase from cycle one to cycle two about 9, 86%. In the cycle 3, the score average got was 81, 86. It also means that there was an increase from cycle two to cycle three about 9, 86%. Keyword: Writing Ability, report, Recreation-Investigation type of collaborative (RITOC)

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 17688856 . Digilib
Date Deposited: 08 Sep 2017 01:35
Terakhir diubah: 08 Sep 2017 01:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28192

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir