PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAHSISWA KELAS XSMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

MINANTI LILITANTI , 1213033048 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAHSISWA KELAS XSMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1432Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1431Kb)

Abstrak

Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tatalaku seseorang atau kelompok orang melalui upaya pengajaran dan pelatihan, sedangkan pengajaran dan pelatihan adalah proses, cara, perbuatan mengajar atau melatih ”(Depdiknas, 2008:353). Perkembangan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya memberi kontribusi yang baik dalam dunia pendidikan khususnya dalam kegiatan belajar mengajar disekolah. Kegiatan belajar mengajar tentunya harus mengikuti perkembangan zaman, misalnya belajar mengajar menggunakan model pembelajaran yang cocok. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan agar tujuan pembelajaran tercapai adalah menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Intruction. Rumusan masalahdalampenelitianini adalah “Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Problem Based Intruction dengan kemampuan berpikir kritsPada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adanyahubungan yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Problem Based Intruction dengan kemampuan berpikir kritis pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Sampel dipilih secara Random menggunakan jenis RandomSampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatifdengandilakukanujianalisis data denganrumuskorelasi persondan Uji F. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi person (r) adanya pengaruh besarnya taraf signifikan pengaruh yaitu 0,42 dan signifikan yaitu 22,65 dan melalui uji korelasi spearman didapat hasil yaitu 0,362 dari pengaruh model pembelajaran Problem Based Intruction dengan kemampuan berpikir kritis pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LA History of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 22622017 . Digilib
Date Deposited: 06 Oct 2017 07:44
Terakhir diubah: 06 Oct 2017 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28444

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir