PERJALANAN KEIMANAN TOKOH HASAN DALAM NOVEL ATHEIS KARYA ACHIADAT K. MIHARDJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Baiti Kurnia Sari, 1313041010 (2017) PERJALANAN KEIMANAN TOKOH HASAN DALAM NOVEL ATHEIS KARYA ACHIADAT K. MIHARDJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1433Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1264Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PERJALANAN KEIMANAN TOKOH HASAN DALAM NOVEL ATHEIS KARYA ACHIADAT K. MIHARDJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) Oleh Baiti Kurnia Sari Perjalanan keimanan adalah masalah utama dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perjalanan keimanan tokoh utama dalam sebuah noveldan implikasinya terhadap pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Melalui sumber data, yakni novel Atheis karya Achiadat K. Mihardja peneliti mengumpulkan berbagai data mengenai perjalanan keimanan tokoh Hasan. Data yang diambil kemudian dipilah antara beriman dan tidak beriman, setelah itu peneliti menganalisisnya dengan teknik analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keimanan tokoh Hasan dalam novel Atheis mengalami penurunan yang cukup lama dan naik kembali di hingga akhir cerita. Gambaran perjalanan keimanan tokoh Hasan ini dibuat dalam bentuk grafik hingga pembaca dapat melihat dengan jelas bagaimana naik turunnya keimanan tokoh Hasan dalam novel tersebut. Semua hasil dari perjalanan keimanan tokoh Hasan ini dapat dijadikan sebagai rancangan pembelajaran pada pembelajaran di Sekolah Menengah Atas atau SMA kelas XII semester genap. Melalui KD 4.1 menginterpretasikan makna novel dalam salah satu pada pembelajaran di SMA kelas XII inilah perjalanan keimanan Hasan dapat dijadikan pembelajaran. Kata kunci: perjalanan keimanan, novel, pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 27226006 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2017 06:23
Terakhir diubah: 11 Oct 2017 06:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28524

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir