KONSEP DIRI PENGUNGGAH FOTO OOTD (OUTFIT OF THE DAY) STUDI KASUS PADA ACCOUNT @SIGEROUTFIT

DWI FAJAR PUTRI , 1216031032 (2017) KONSEP DIRI PENGUNGGAH FOTO OOTD (OUTFIT OF THE DAY) STUDI KASUS PADA ACCOUNT @SIGEROUTFIT. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1868Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1145Kb) | Preview

Abstrak

Perkembangan Teknologi Komunikasi masa kini menyuguhkan media komunikasi yang semakin variatif. Dengan kemajuan di bidang teknologi informasi serta komunikasi sekarang ini, dunia tidak lagi mengenal batas, jarak, ruang dan waktu. Salah satu teknologi yang berkembang adalah teknologi komunikasi mobile, yaitu alat komunikasi yang bergerak. Artinya siapa saja bisa berkomunikasi kapan pun dan dimana pun dengan jaringan komunikasi yang selalu ada. Perangkat komunikasi yang mendukung adalah smartphone, laptop, tablet, dan sebagainya. Perangkat komunikasi tersebut di dukung juga dengan adanya internet. Sekarang hampir semua perangkat komunikasi dilengkapi dengan fitur kamera di dalamnya, hal ini memudahkan sesorang untuk mengunggah foto yang sudah diambil, ke media sosial, dan salah satunya adalah foto OOTD atau foto Outfit Of The Day. OOTD sendiri pun mempunyai arti Outfit Of The Day atau pakaian atau gaya yang sedang di pakai hari itu. Dan biasanya pecinta fashion instagram mengunggah foto OOTD dengan Hashtag atau tagar seperti #OOTD di instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri pengunggah foto Outfit Of The Day pada instagram pada penelitian ini adalah konsep diri positif. Karena semua informan terbuka dan percaya diri kepada dirinya. Seseorang mengunggah foto diri di Instagram karena adanya konsep diri yang postif. Atau berada pada public area seperti yang ada pada teori Johari Window. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, penelitian ini diperoleh dengan teknik wawancara secara mendalam dengan informan sebagai bentuk pencarian data dan dokumentasi langsung di lapangan. Pada penelitian ini peneliti menemukan bahwa semua informan memiliki konsep diri yang positif dan mempunyai 3 komponen penting pada konsep dirinya yaitu Perceptual, Conceptual atau dan Attitudinal. Secara perceprtual semua informan memilki konsep diri fisik yang negatif, tetapi secara conceptual informan memahami bagaimana cara menutupi kekurangannya dan mencari kelebihan yang ditunjukkan pada komponen attitudinal, yaitu dengan mengunggah foto di instagram. Kata kunci : konsep diri, OOTD (OUTFIT OF THE DAY), Johari Window SELF-CONCEPT OF OOTD (OUTFIT OF THE DAY) CASE STUDY ON ACCOUNT @SIGEROUTFIT The development of Communication Technology today presents an increasingly varied communication media. With advances in information technology and communications today, the world no longer recognizes boundaries, distance, space and time. One of the emerging technologies is mobile communication technology, which is a mobile communication tool. This means anyone can communicate anytime and anywhere with a communication network that is always there. Supportive communication devices are smartphones, laptops, tablets, and so on. Communication devices are supported also with the internet. Now almost all communication devices are equipped with a camera feature in it, this makes it easy for someone to upload photos that have been taken, to social media, and one of them is a photo OOTD or photo Outfit Of The Day. OOTD itself also means Outfit Of The Day or clothing or style that is in use that day. And usually instagram fashion lovers upload OOTD photos with Hashtag or tagar like #OOTD on instagram. This research aims to find out one's self concept of uploading OOTD (Outfit Of The Day) photos on instagram, in this case a positive self concept. It was due that all of the informants were open and felt confident about themselves. Generally, people are uploading photos about themselves on Instagram because they have positive self concept. Also because the spot is in a public area as mentioned in the theory of Johari Window. This research used qualitative approach, which was obtained through in-depth interview techniques with informants as a form of data search and documentation directly collected from the field. In this research, the author found that all informants performed positive self concept and had met 3 important components about their self concept, such as: Perceptual, Conceptual and Attitudinal. In Perceptual concept, all informants performed a negative self-concept, but conceptually, they understood how to cover the shortcomings and look for the advantages shown in attitudinal component, that was by uploading photos on instagram. Keywords : self concept, OOTD (OUTFIT OF THE DAY), Johari Window

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> HF Commerce
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 67420998 . Digilib
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:23
Terakhir diubah: 20 Oct 2017 02:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28721

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir