PENGEMBANGAN PERANGKAT BLENDED LEARNING BERBASIS LMS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI FLUIDA STATIS

YULIA DEWI PRASTIKA , 1313022087 (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT BLENDED LEARNING BERBASIS LMS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI FLUIDA STATIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1502Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1503Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan perangkat blended learning berbasis LMS dengan model pembelajaran inkuiri pada materi fluida statis. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada penelitian dan pengembangan model ADDIE yang dimulai dari tahap Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implement (penerapan), dan Evaluate (evaluasi) namun tahap implement (penerapan) tidak dilakukan. Tahap analisis dilakukan dengan penelitian pendahuluan dan kajian pustaka untuk mengumpulkan informasi terhadap masalah yang diteliti. Selanjutnya pada tahap design, rancangan produk yang terdiri dari silabus, RPP, LKPD, handout, soal latihan, dan kelas online dengan LMS schoology dibuat. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validasi produk oleh dua ahli dan uji praktisi oleh tiga guru fisika dari sekolah yang berbeda. Hasil uji validasi ahli terhadap produk yang dikembangkan memperoleh penilaian secara berurut untuk dosen ahli pertama dan kedua yaitu sebesar 88,6% dan 90,9 % sehingga memperoleh kualitas iii “sangat valid” dan rekomendasi “layak digunakan”. Kemudian hasil uji kepraktisan terhadap produk diperoleh skor rata- rata 80,0 dari guru fisika SMAN 1 Natar; 96,6 dari guru SMA Trisukses Natar, dan 90,0 dari guru fisika SMAN 1 Terusan Nunyai sehingga diperoleh skor rata- rata dari ketiga guru tersebut 88,8 dengan kualitas “sangat baik” Kata kunci: fluida statis, blended learning, LMS schoology, inkuiri terbimbing. Yulia Dewi Prastika

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 19069414 . Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2017 06:41
Terakhir diubah: 24 Oct 2017 06:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28823

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir