PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Dona Fitriyani , 1313033027 (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2248Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1952Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat saat ini menuntut suatu negara meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan agar mampu bersaing dengan negara di dunia. Salah satunya adalah pembelajaran di sekolah untuk dapat selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penerapan teknologi dalam proses pembelajaran diharapkan dapat lebih memberikan kemudahan, kemandirian, ketertarikan siswa dalam pemberian materi pembelajaran. Agar proses pembelajaran berhasil yaitu menggunakan media pembelajaran yang tepat yang membuat siswa tertarik untuk belajar sehingga siswa berminat untuk belajar. Salah satunya penggunaan media pembelajarannya Power Point. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah media pembelajaran Power Point berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah menggunakan media pembelajaran Power Point. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain One-Shot Case Study, Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X, dengan sampel 41 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik Sampel Rondom Sampling. Instrumen penelitian adalah Angket dengan 16 butir pernyataan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat di simpulkan bahwa Penggunaan media pembelajaran Power Point berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung, yaitu test pertama 32 siswa dikategorikan Berminat (B) persentase 78% dan 9 siswa dikategoriakan Kurang Berminat (KB) persentase 22%, test kedua 9 siswa dikategorikan Sangat Berminat (SB) 22%, 30 siswa dikategorikan Berminat (B) persentase 73% dan 2 siswa dikategoriakan Kurang Berminat (KB) persentase 5%, test ketiga 24 siswa dikategorikan Sangat Berminat (SB) dengan persentase 59% dan 17 siswa dikategoriakan Berminat (B) persentase 41%. Kata Kunci: Minat,Pengaruh, Power Point

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LA History of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 10541419 . Digilib
Date Deposited: 25 Oct 2017 02:54
Terakhir diubah: 25 Oct 2017 02:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28855

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir