UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

DIMAS AGUNG PAMUNGKAS , 1213052006 (2017) UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (807Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (808Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini adalah “rendahnya interaksi sosial siswa.” Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pesawaran Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode Quasi exsperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 7 siswa yang memiliki interaksi sosial sedang dan rendah, Teknik pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan interaksi sosial siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data pretest dan posttes interaksi sosial siswa dengan menggunakan uji Wilcoxon, berdasarkan hasil gain score diperoleh Z hitung = -2,366 < Z tabel = 1,645 maka Z hitung lebih kecil dari Z tabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pesawaran tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci :Bimbingan konseling, bimbingan kelompok, interaksi sosial siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 37210858 . Digilib
Date Deposited: 16 Jan 2018 07:55
Terakhir diubah: 16 Jan 2018 07:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29793

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir