HUBUNGAN POLA TIDUR TERHADAP HASIL UJIAN AKHIR BLOKTROPICAL INFECTIOUS DISEASE MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

SITTI HAZRINA , 1418011205 (2018) HUBUNGAN POLA TIDUR TERHADAP HASIL UJIAN AKHIR BLOKTROPICAL INFECTIOUS DISEASE MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (INGGRIS INDONESIA).pdf

Download (78Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1868Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1869Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK HUBUNGAN POLA TIDUR TERHADAP HASIL UJIAN AKHIR BLOK TROPICAL INFECTIOUS DISEASE MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG Oleh SITTI HAZRINA Latar Belakang: Tidur yang kurang baik dalam aspek kuantitatif maupun kualitatif dapat menyebabkan gangguan fisik, kognitif dan bahkan kematian. Durasi tidur yang baik bagi individu adalah tujuh sampai sembilan jam. Salah satu faktor yang mempengaruhi pola tidur adalah faktor akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola tidur terhadap hasil ujian akhir blok Tropical Infectious Disease mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Sebanyak 165 responden penelitian diminta untuk mengisi kuisioner berisi pertanyaan mengenai tidur pada malam hari biasa dan pada malam sebelum ujian. Data yang telah diperoleh kemudian dilakukan analisis univariat dan bivariat. Analisis bivariat dilakukan dengan menggunakan uji statistik Fisher dan Chi Square. Hasil Penelitian: Berdasarkan analisis univariat didapatkan lebih banyak mahasiswa yang tidur tidak cukup pada malam sebelum ujian. Hasil analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik Chi Square dan uji Fisher didapatkan hasil yaitu tidak terdapat hubungan antara durasi tidur malam hari biasa (p>0,05, p=0,390) dan tidak terdapat hubungan antara durasi tidur pada malam sebelum ujian (p>0,05, p=0,738) dengan hasil ujian. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara pola tidur terhadap hasil ujian akhir blok Tropical Infectious Disease mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata Kunci: durasi tidur,hasil ujian, pola tidur.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > R Medicine (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 18675241 . Digilib
Date Deposited: 06 Feb 2018 07:23
Terakhir diubah: 06 Feb 2018 07:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30208

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir