david, nissius siregar (2014) PEMANFAATAN MEDIA TIK TUTORIAL SEBAGAI SUPLEMEN DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN ALAT UKUR DI SMP. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (202Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (243Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (421Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA di SMPN 1 Pesisir Selatan mengatakan bahwa siswa pada pelajaran IPA khususnya fisika, pembelajaran dilakukan hanya dengan menggunakan metode ceramah, kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan materi dan mengerjakan soal-soal fisika saja sehingga proses belajar siswa tidak maksimal. Pembelajaran fisika yang kurang efektif ini di duga dapat diatasi dengan memanfaatkan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang akan di gunakan sebagai suplemen demonstrasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa setelah pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen demonstrasi pada pembelajan alat ukur di SMP; (2) mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains siswa dalam pembelajaran alat ukur dengan memanfaatkan media TIK tutorial sebagai suplemen demonstrasi; (3) mendeskripsikan karakter yang dapat ditumbuhkan pada siswa selama pembelajaran alat ukur dengan memanfaatkan media TIK tutorial sebagai suplemen demonstrasi; (4) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran alat ukur dengan pembelajaran alat ukur dengan memanfaatkan media TIK tutorial sebagai suplemen demonstrasi; (5) mendeskripsikan sikap siswa terhadap pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen demonstrasi dalam pembelajaran alat ukur. Penelitian ini berlangsung pada semester ganjil tahun ajaran 2013/ 2014 di SMP Negeri 1 Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Sampel yang diambil yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Pemilihan kelas sampel dengan metode Cluster Random Sampling yaitu mengambil satu kelas secara acak dari beberapa kelas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif siswa setelah pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen demonstrasi; (2) pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen demonstrasi pada pembelajaran alat ukur di SMP dapat memunculkan KPS; (3) pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen demonstrasi pada pembelajaran alat ukur di SMP dapat membentuk karakter; (4) pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen demonstrasi pada pembelajaran alat ukur di SMP dapat meningkatkan aktivitas siswa; (5) pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen demonstrasi pada pembelajaran alat ukur di SMP dapat menumbuhkan sikap positif bagi siswa pada saat pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 498747 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Aug 2014 07:29 |
Terakhir diubah: | 26 Aug 2014 07:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3099 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |