PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Pada Badan Pengelola Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung)

Muhammad Fazry Aulia, 1416041058 (2018) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Pada Badan Pengelola Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (826Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (578Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab masih kurangnya tingkat partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Bandar Lampung pada setiap tahunnya. Tipe penelitian dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif . Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan antara lain Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teknik Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat wajib pajak dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Bandar Lampung belum optimal. Faktor yang menghambat dalam membayar pajak bumi dan bangunan adalah kurangnya partisipasi wajib pajak dimana tidak sadar akan kewajibannya untuk membayar pajak yang menyebabkan pembayaran pajak ini tidak berjalan dengan efektif khususnya untuk Kota Bandar Lampung. Partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Bandar Lampung belum baik disebabkan karena petugas Pajak Bumi dan Bangunan belum bertindak tegas terhadap masyarakat yang tidak ikut berpartisipasi dalam membayar PBB, pengawasan, kesadaran dari masyarakatnya masih sangat kurang, dan tanggung jawab belum optimal. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat. Pajak Bumi dan Bangunan ABSTRACT This study aims to determine the cause is still the lack of community participation in paying Land and Building Tax in Bandar Lampung City every year. Type of research and approach used in this research is descriptive research type with qualitative approach. The data collection techniques that researchers use include Observation, Interview, and Documentation. Data analysis techniques used by researchers in this study are Data Reduction, Data Presentation, and Conclusion. From the results of research indicates that the participation of the taxpayer in paying the Land and Building Tax in Bandar Lampung City has not been optimal. The inhibiting factor in paying the land and building tax is the lack of taxpayer participation which is not aware of its obligation to pay taxes that cause the tax payments not to run effectively especially for Bandar Lampung City. Public participation in paying Land and Building Tax in Bandar Lampung City has not been good because the Land and Building Tax officers have not yet acted firmly against the people who did not participate in pay, the supervision, the awareness of the community is still very less, and the responsibility is not optimal. Keyword : Participation of Community, The Land And Building Tax

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HJ Public Finance
> JS Local government Municipal government
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 201855187 . Digilib
Date Deposited: 30 Apr 2018 07:27
Terakhir diubah: 30 Apr 2018 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31356

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir