HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 2 METRO SELATAN

DERIOS WARDIANTO, 1413053030 (2018) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 2 METRO SELATAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2652Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2314Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahuihubungan keterampilan mengadakan variasi terhadap hasil belajar IPS, hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS, dan hubungan keterampilan mengadakan variasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa kelas tinggi SD Negeri 2 Metro Selatan. Jenis penelitian yaitu kuantitatif, metode yang digunakan yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 117 siswadan sampel penelitianberjumlah 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan keterampilan mengadakan variasi terhadap hasil belajarIPS ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,361 berada pada taraf “rendah”, ada hubungan yang positif dan signifikanmotivasi belajar terhadap hasil belajar IPSditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,387 berada pada taraf “rendah”, dan ada hubungan yang positif dan signifikanketerampilan mengadakan variasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,389 berada pada taraf “rendah”. Kata kunci:IPS, keterampilan, motivasi, variasi pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201806473 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2018 02:53
Terakhir diubah: 22 Jun 2018 02:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31687

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir