NABELLA ISLAMIYATI YUAN , 1413023042 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES SISWA PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2605Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2210Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas kemampuan berpikir luwes siswa melalui model pembelajaran POE pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain non equivalence pretest-postest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung yang berjumlah 265 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 43 siswa dan siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 43 siswa. Data keefektivan diperoleh dari uji hipotesis, keterlaksanaan model pembelajaran POE serta kemampuan guru dalam mengelola pelajaran. Hasil perhitungan menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pretes-postes (n-Gain) sebesar 0,61 yang memiliki kriteria “sedang”, selanjutnya melalui rata-rata persentase yang mengalami peningkatan di setiap pertemuan dengan tafsiran “sangat tinggi” untuk ketiga aspek yang diamati, kemudian rata-rata persentase ketercapaian guru dalam mengelola pembelajaran meningkat di setiap pertemuan yang berkategori “sangat tinggi”. Model pembelajaran POE pada penelitian ini memiliki effect size 91% yang menurut kriteria ukuran pengaruh Dincer termasuk ke dalam kriteria “besar”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir luwes pada materi asam basa. Kata kunci: asam basa, model pembelajaran POE, kemampuan berpikir kreatif
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 201801806 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Jun 2018 03:58 |
Terakhir diubah: | 30 Jun 2018 03:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31905 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |