HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 3 SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 METRO TIMUR

RISKI ANDRI NUGROHO , 1413053113 (2018) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 3 SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK- ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (927Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (928Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar, antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, dan antara lingkungan belajar di sekolah dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Populasi berjumlah 42 siswa yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Jenis penelitian ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar tema 3 ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,405 berada pada taraf “Rendah”, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar tema 3 ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,411 berada pada taraf “Sedang”, dan terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar tema 3 siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur ditunjukkan dengan kofisien kolerasi sebesar 0,428 berada pada taraf “Sedang”. Kata kunci: hasil belajar, lingkungan, motivasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201806878 . Digilib
Date Deposited: 03 Jul 2018 06:36
Terakhir diubah: 03 Jul 2018 06:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32022

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir